- Home »
- Sejarah Fotografi
Unknown
On Kamis, 19 Mei 2016
Fotografi ialah lukisan melalui cahaya. Tanpa cahaya seni foto ini tidak akan berfungsi. Istilah Photography dicipta pada tahun 1839. Ketika teknologi seni foto terus berkembang bersama dengan kemajuan manusia, ilmu sangat penting bagi menjamin mutu kerja seorang seniman foto (Photografer).
Dalam
buku The History of Photography karya Alma Davenport, terbitan
University of New Mexico Press tahun 1991, disebutkan bahwa pada abad
ke-5 Sebelum Masehi (SM), seorang pria bernama Mo Ti sudah mengamati
sebuah gejala. Apabila pada dinding ruangan yang gelap terdapat lubang
kecil (pinhole), maka di bagian dalam ruang itu akan terefleksikan
pemandangan di luar ruang secara terbalik lewat lubang tadi. Mo Ti
adalah orang pertama yang menyadari fenomena camera obscura.
Kamera
mulai diperkenalkan ketika para pelukis menghadapi masalah untuk
merekam gambar (potrait) sekitar abad 17 dan 18. Justru itu mereka telah
mencipta kamera Obscura untuk kemudahan merekam gambar.
Akhirnya,
pada tahun 1824, seorang seniman lithography Perancis, Joseph-Nicephore
Niepce (1765-1833), setelah delapan jam meng-exposed pemandangan dari
jendela kamrnya, melalui proses yang disebutnya Heliogravure (proses
kerjanya mirip lithograph) di atas pelat logam yang dilapisi aspal,
berhasil melahirkan sebuah imaji yang agak kabur, berhasil pula
mempertahankan gambar secara
permanent.
Kemudian ia pun mencoba menggunakan kamera obscura berlensa, proses
yang disebut ”heliogravure” pada tahun 1826 inilah yang akhirnya menjadi
sejarah awal fotografi yang sebenarnya. Foto yang dihasilkan itu kini
disimpan di University of Texas di Austin, AS.
Merasa
kurang puas, tahun 1827 Niepce mendatangi desainer panggung opera yang
juga pelukis, Louis-Jacques Mande’ Daguerre (1787-1851) untuk
mengajaknya berkolaborasi. Dan jauh sebelum eksperimen Niepce dan
Daguerre berhasil, mereka pernah meramalkan bahwa: “fotografi akan
menjadi seni termuda yang dilahirkan zaman.”
Sayang,
sebelum menunjukkan hasil yang optimal, Niepce meninggal dunia. Baru
pada tanggal 19 Agustus 1839, Daguerre dinobatkan sebagai orang pertama
yang berhasil membuat foto yang sebenarnya: sebuah gambar permanen pada
lembaran plat tembaga perak yang dilapisi larutan iodin yang disinari
selama satu setengah jam cahaya langsung dengan pemanas mercuri (neon).
Proses ini disebut daguerreotype. Untuk membuat gambar permanen, pelat
dicuci larutan garam dapur dan asir suling.
Foto
pertama dibuat pada tahun 1826 selama 8 jam. Louis Jacques mande
Daquerre merupakan bapak fotografi dunia (1837). Kamera Obcura merupakan
kamera yang pertama kali yang dipakai untuk menggambar kemudian
memotret.
Tahun
1900 seorang Juru gambar telah mencipta kamera Mammoth. Kamera ini amat
besar ukurannya beratnya 1,400 pound. Lens seberat 500 pound. Sewaktu
mengubah atau memindahkannya tenaga manusia sebanyaki 15 orang
diperlukan! Kamera ini menggunakan film sebesar 4 ½ x 8 kaki dengan
bahan kimia sebanyak 10 gallons digunakan ketika memprosesnya.
Kamera
Kodak (Eastmant Kodak) pertama kali ditemukan oleh Snapshooter 1888 di
Amerika. Konstribusi fotografi ke dunia film pertama kali di pelopori
oleh Eadward Muybridge. Flash atau lampu kilat pertama kali ditemukan
oleh Harold E. Edgerton pada tahun 1938. Memotret benda-benda mati
disebut dengan still life. Penemu negative film John Hendri Fox Talbot
dari inggris. Negatif film tersebut di buat selama 40 detik dibawah
terik matahari.
Tahun 1950 mulai digunakan prisma untuk memudahkan pembidikan pada kamera Single Lens Reflex (SLR), dan pada
tahun yang sama Jepang mulai memasuki dunia fotografi
dengan
produksi kamera NIKON. Tahun 1972 mulai dipasarkan kamera Polaroid yang
ditemukan oleh Edwin Land. Kamera Polaroid mampu menghasilkan gambar
tanpa melalui proses pengembangan dan pencetakan film.
Kemajuan
teknologi turut memacu fotografi secara sangat cepat. Kalau dulu kamera
sebesar tenda hanya bisa menghasilkan gambar yang tidak terlalu tajam,
kini kamera digital yang cuma sebesar dompet mampu membuat foto yang
sangat tajam dalam ukuran sebesar koran.
Cabang Fotografi
berdasarkan Obyek fotgrafi nya, di antaranya:
Fotografi bentang alam ( Nature / Landscape)
Dalam fotografi bentang alam obyek yang di foto adalah
biasanya merupakan bentang alam, yang memiliki keindahan tersendiri
atau digunakan untuk menjelaskan keadaan profil alam pada suatu daerah,
dalam dunia industri foto landscape juga digunakan untuk dokumentasi pembangunan profil area ( lansekap ) dan laporan penelitian, biasanya fotografer bentang alam memiliki kemampuan dan hobi traveling dan menjelajah alam
Fotografi Satwa dan flora
fotografi ini
memiliki obyek khusus satwa dan flora, dan menurut saya merupakan
object yang sulit dan terkadang menantang bahaya anda bisa bayangkan
anda me motret komodo atau buaya dalam komunitasnya, fotografi satwa biasanya digunakan untuk menggali keindahan satwa dan flora dan juga mengklasifikasi satwa dan flora
Fotografi Dokumentasi
fotografi ini untuk mendokumentasikan suatau event atau peristiwa, biasanya setidaknya pada jaman dahulu fotografi ini
tidak di tuntut dalam keindahan foto komposisi warna ataupun seni, tapi
hanaya untuk melengkapi dan lebih menjelaskan suatu berita acara, akan
tetapi dalam perkembangan fotografi modern fotografidokumentasi,
komposisi gambar dan sentuhan seni sudah menjadi tuntutan, dan
dikarenakan pada event modern time linenya pendek maka fotografer
dituntut untuk tidak ketinggalan moment moment penting dalam acara
tersebut
Fotografi Jurnalistik
Foto jurnalistik adalah foto yang
merekam suatu berita, dan menjelaskan suatu keadaan dan peristiwa yang
biasanya besar, kekuatan foto berasal dari kemapuan foto dalam
menjelaskan suatu peristiwa biasanya foto jenis ini digunakan sebagai
penunjang berita teks di mediai koran atau majalah.
Dancabang fotografi lainya yang belum di deskripsikan...
Fotografi Seni (Fine Art)
Fotografi Studio
Fotografi Udara (Aerial)
Fotografi Komersial
Fotografi Interior
Fotografi Fashion
Fotografi Studio
Fotografi Udara (Aerial)
Fotografi Komersial
Fotografi Interior
Fotografi Fashion
Istilah Fotografi
Dalam bahasa indonesia beberapa istilah fotografi membingungkan bila diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia. Oleh karena itu istilah yang sudah berlaku umum tetap dipertahankan
Fotografi Cahaya (light)
Faktor dasar terjadinya fotografi adalah cahaya, karena jika tidak ada cahaynya tidak mungkin foto bisa di buat
Fotografi Eksposur (exposure)
Eksposur exposure adalah istilah dalam fotografi yang mengacu kepada banyaknya cahaya yang jatuh ke medium (film atau sensor gambar) dalam proses pengambilan foto.
Untuk membantu fotografer mendapat setting paling tepat untuk exposure , digunakan lightmeter.
Lightmeter, yang biasanya sudah ada di dalam kamera, akan mengukur
intensitas cahaya yang masuk ke dalam kamera. Sehingga didapatexposure normal. lebih lanjut tentang exposure
Fotografi Rentang dinamis (Dynamic range)
fotografi, Rentang dinamis (Dynamic range) adalah rasio rentang luminasi cahaya yang dapat direkam sensor kamera dari seluruh rentang luminasi cahaya subyek. exposure pada tingkat iluminasi yang sama di atas di atas focal plane dapat menghasilkan foto dengan efek luminasi yang berbeda karena respon sensor kamera yang berbeda pada nilai ISO ratingnya. Efek luminasi itu juga disebut exposure , sebutan populer lain adalah imposure atau light value atau brightness value atau level of exposure atau exposure altitude atau exposure range yang menunjukkan tingkat visibilitas subyek fotografi. more about Dynamic Range
Fotografi Rana / Kecepatan (Suter Speed)
Rana atau penutup (Bahasa Inggris: shutter) dalam istilah fotografi adalah
tirai pada kamera yang menutupi permukaan atau sensor foto. Jika tirai
ini terbuka maka akan terjadi exposure pada permukaan film atau sensor
foto tadi.
Awalnya shutter dibuat
dari lempengan logam, namun kebanyakan kamera modern menggunakan
penutup yang dibuat dari kain untuk mengurangi berat kamera dan untuk
mendapatkan kecepatan rana yang lebih cepat. Penutup yang terbuat dari
kain memiliki kekuatan sekitar 50,000 hingga 200,000 kali proses
buka-tutup (melakukan exposure ). Kain penutup yang aus atau rusak bisa
dengan mudah diganti di pusat layanan purna jual merek kamera yang
bersangkutan.
Lamanya tirai ini terbuka ditentukan oleh setelan kecepatan rana pada kamera.
Fotografi Diafragma (Aperture)
Aperture dalam istilah fotografi adalah komponen dari lensa yang berfungsi mengatur intensitas cahaya yang masuk ke kamera.
Diafragma
lensa biasanya membentuk lubang mirip lingkaran atau segi tertentu. Ia
terbentuk dari sejumlah lembaran logam (umumnya 5, 7 atau 8 lembar) yang
dapat diatur untuk mengubah ukuran dari lubang bukaan (rana / shuter)
lensa dimana cahaya akan lewat. Bukaan akan mengembang dan menyempit
persis seperti pupil di mata manusia.
Fotografi ISO / ASA
Kecepatan film dalam istilah dalam fotografi adalah
untuk mengukur tingkat kesensitivitas atau kepekaan film foto terhadap
cahaya. Film dengan kepekaan rendah (memiliki angka ISO rendah)
membutuhkan sorotan (Inggris: exposure) yang lebih lama sehingga disebut slow film, sedangkan film dengan kepekaan tinggi (memiliki angka ISO tinggi) membutuhkan exposure yang singkat.
SEJARAH FOTOGRAFI INDONESIA
Sejarah
fotografi di Indonesia dimulai pada tahun 1857, pada saat 2 orang juru
foto Woodbury dan Page membuka sebuah studio foto di Harmonie, Batavia.
Masuknya fotografi ke Indonesia tepat 18 tahun setelah Daguerre
mengumumkan hasil penelitiannya yang kemudian disebut-sebut sebagai awal
perkembangan fotografi komersil. Studio fotopun semakin ramai di
Batavia. Dan kemudian banyak fotografer professional maupun amatir
mendokumentasikan hiruk pikuk dan keragaman etnis di Batavia.
Kamera Daguerre
Masuknya
fotografi di Indonesia adalah tahun awal dari lahirnya teknologi
fotografi, maka kamera yang adapun masih berat dan menggunakan teknologi
yang sederhana. Teknologi kamera pada masa itu hanya mampun merekam
gambar yang statis. Karena itu kebanyakan foto kota hasil karya Woodbury
dan Page terlihat sepi karena belum memungkinkan untuk merekam gambar
yang bergerak.
Terkadang
fotografer harus menggiring pedagang dan pembelinya ke dalam studio
untuk dapat merekam suasana hirup pikuk pusat perbelanjaan. Oleh sebab
itu telihat bahwa pedagang dan pembelinya beraktifitas membelakangi
sebuah layar. Ini karena teknologi kamera masih sederhana dan masih
riskan jika terlalu sering dibawa kemana-mana.
Pada
tahun 1900an, muncul penemuan kamera yang lebih sederhana dan mudah
untuk dibawa kemana-mana sehingga memungkinkan para fotografer untuk
melakukan pemotretan outdoor. Bisa dibilang ini adalah awal munculnya
kamera modern.Karena bentuknya yang lebih sederhana, kamera kemudian
tidak dimiliki oleh fotografer saja tetapi juga dimiliki oleh masyarakat
awam.
Banyak
karya-karya fotografer maupun masyarakat awam yang dibuat pada masa
awal perkembangan fotografi di Indonesia tersimpan di Museum Sejarah
Jakarta. Seperti namanya, museum ini hanya menghadirkan foto-foto kota
Jakarta pada jaman penjajahan Belanda saja. Karena memang perkembangan
teknologi fotografi belum masuk ke daerah. Salah satu foto yang
dipamerkan adalah suasana Pasar Pagi, Glodok, Jakarta pada tahun 1930an. Pada
awal dibangun, pasar ini hanya diisi oleh beberapa lapak pedagang saja.
Ini berbeda dengan kondisi sekarang dimana Glodok merupakan pusat
perbelanjaan terbesar di Jakarta.
Kassian Cephas (1844-1912): Yang Pertama, yang Terlupakan
Cephas
lahir pada 15 Januari 1845 dari pasangan Kartodrono dan Minah. Ada juga
yang mengatakan bahwa ia adalah anak angkat dari orang Belanda yang
bernama Frederik Bernard Fr. Schalk. Cephas banyak menghabiskan masa
kanak-kanaknya di rumah Christina Petronella Steven (siapa). Cephas
mulai belajar menjadi fotografer profesional pada tahun 1860-an. Ia
sempat magang pada Isidore van Kinsbergen, fotografer yang bekerja di
Jawa Tengah sekitar 1863-1875. Tapi berita kematian Cephas di tahun 1912
menyebutkan bahwa ia belajar fotografi kepada seseorang yang bernama
Simon Willem Camerik.
Kassian Cephas
Kassian
Cephas memang bukan tokoh nasional yang dulunya menenteng senjata atau
berdiplomasi menentang penjajahan bersama politikus pada zaman sebelum
dan sesudah kemerdekaan. Ia hanyalah seorang fotografer asal Yogyakarta
yang eksis di ujung abad ke-19, di mana dunia fotografi masih sangat
asing dan tak tersentuh oleh penduduk pribumi kala itu. Nama Kassian
Cephas mungkin baru disebut bila foto-foto tentang Sultan Hamengku
Buwono VII diangkat sebagai bahan perbincangan.Dulu, Cephas pernah
menjadi fotografer khusus Keraton pada masa kekuasaan Sultan Hamengku
Buwono VII. Karena kedekatannya dengan pihak Keraton, maka ia bisa
memotret momen-momen khusus yang hanya diadakan di Keraton pada waktu
itu. Hasil karya foto-fotonya itu ada yang dimuat di dalam buku karya
Isaac Groneman (seorang dokter yang banyak membuat buku-buku tentang
kebudayaan Jawa) dan buku karangan Gerrit Knaap (sejarawan Belanda yang
berjudul "Cephas, Yogyakarta: Photography in the Service of the Sultan".
Sultan Hamengku Buwono VII karya Kassian Cephas
Dari
foto-fotonya tersebut, bisa dibilang bahwa Cephas telah memotret banyak
hal tentang kehidupan di dalam Keraton, mulai dari foto Sultan Hamengku
Buwono VII dan keluarganya, bangunan-bangunan sekitar Keraton, upacara
Garebeg di alun-alun, iring-iringan benda untuk keperluan upacara,
tari-tarian, hingga pemandangan Kota Yogyakarta dan sekitarnya. Tidak
itu saja, bahkan Cephas juga diketahui banyak memotret candi dan
bangunan bersejarah lainnya, terutama yang ada di sekitar Yogyakarta. Berkaitan
dengan kegiatan Cephas memotret kalangan bangsawan Keraton, ada cerita
yang cukup menarik. Zaman dulu, dari sekian banyak penduduk Jawa waktu
itu, hanya segelintir saja rakyat yang bisa atau pernah melihat wajah
rajanya. Tapi, dengan foto-foto yang dibuat Cephas, maka wajah-wajah
raja dan bangsawan bisa dikenali rakyatnya.
Masa-Masa Keemasan Cephas
Cephas
pernah terlibat dalam proyek pemotretan untuk penelitian monumen kuno
peninggalan zaman Hindu-Jawa, yaitu kompleks Candi Loro Jonggrang di
Prambanan, yang dilakukan oleh Archeological Union di Yogyakarta pada
tahun 1889-1890. Saat bekerja, Cephas banyak dibantu oleh Sem, anak
laki-lakinya yang juga tertarik pada dunia fotografi. Cephas juga
membantu memotret untuk lembaga yang sama ketika dasar tersembunyi Candi
Borobudur mulai ditemukan. Ada sekitar 300 foto yang dibuat Cephas
dalam proyek penggalian itu. Pemerintah Belanda mengalokasikan dana
9.000 gulden untuk penelitian tersebut. Cephas dibayar 10 gulden per
lembar fotonya. Ia mengantongi 3.000 gulden (sepertiga dari seluruh uang
penelitian), jumlah yang sangat besar untuk ukuran waktu itu.
Beberapa foto seputar candi tersebut dijual Cephas. Alhasil, foto-foto buah karyanya itu menyebar dan terkenal. Ada yang digunakan sebagai suvenir atau oleh-oleh bagi para elite Belanda yang akan pergi ke luar kota atau ke Eropa. Album-album yang berisi foto-foto Sultan dan keluarganya juga kerap diberikan sebagai hadiah untuk pejabat pemerintahan seperti presiden. Hal itu tentunya membuat Cephas dikenal luas oleh masyarakat kelas tinggi, dan memberinya keleluasaan bergaul di lingkungan mereka. Karena kedekatan dengan lingkungan elite itulah sejak tahun 1888 Cephas memulai prosedur untuk mendapatkan status "equivalent to Europeans" (sama dengan orang Eropa) untuk dirinya sendiri dan anak laki-lakinya: Sem dan Fares.
Cephas
adalah salah satu dari segelintir pribumi yang waktu itu bisa menikmati
keistimewaan-keistimewaan dan penghargaan dari masyarakat elite Eropa
di Yogyakarta. Mungkin itu sebabnya karya-karya foto Cephas sarat dengan
suasana menyenangkan dan indah. Model-model cantik, tari-tarian,
upacara-upacara, arsitektur rumah tempo dulu, dan semua hal yang enak
dilihat selalu menjadi sasaran bidik kameranya. Bahkan, rumah dan toko
milik orang-orang Belanda, lengkap dengan tuan-tuan dan noni-noni
Belanda yang duduk-duduk di teras rumah, juga sering menjadi obyek
fotonya.
Sekitar
tahun 1863-1875, Cephas sempat magang di sebuah kantor milik Isidore
van Kinsbergen, fotografer yang bekerja di Jawa Tengah. Status sebagai
fotografer resmi baru ia sandang saat bekerja di Kesultanan Yogyakarta.
Sejak menjadi fotografer khusus Kesultanan itulah namanya mulai dikenal
hingga ke Eropa.
Terlindas Semangat Revolusi
Meski
demikian, dalam khazanah fotografi Indonesia, nama Kassian Cephas tidak
seharum nama Mendur bersaudara, yakni Frans Mendur dan Alex Mendur.
Mereka berdua adalah fotografer yang dianggap sangat berjasa bagi
perjalanan bangsa ini. Merekalah yang mengabadikan momen-momen penting
saat Soekarno membacakan proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Karya-karya
mereka lebih disorot masyarakat Indonesia karena dianggap kental dengan
suasana heroik yang memang pada masa itu sangat dibutuhkan.
Foto-foto
monumental karya Mendur Bersaudara, mulai dari foto Bung Tomo yang
sedang berpidato dengan semangat berapi-api di bawah payung, foto
Jenderal Sudirman yang tak lepas dari tandunya, foto sengitnya
pertempuran di Surabaya, hingga foto penyobekan bendera Belanda di Hotel
Savoy, menjadi alat perjuangan bangsa dan menjadi bukti sejarah
terbentuknya negara ini. Di awal-awal kemerdekaan dan revolusi, tentu
saja foto-foto Mendur Bersaudara tadi terus diproduksi oleh penguasa dan
pelaku sejarah untuk mengawal semangat bangsa ini. Foto-foto karya
mereka dicetak dalam buku-buku sejarah dan menjadi bacaan wajib siswa
sekolah, mulai dari tingkat dasar sampai tingkat doktoral.
Sementara
foto-foto Cephas yang penyebarannya sangat terbatas lebih cocok masuk
ke museum atau dikoleksi oleh orang-orang yang menjadi kliennya atau
para kolektor. Kandungan foto karya Cephas dinilai tidak mendukung
suasana pergolakan yang tengah berlangsung saat itu. Bahkan foto-fotonya
yang menonjolkan tentang keindahan Indonesia, potret raja-raja dan
“londo-londo”, serta para bangsawan dipandang sebagai “pro status quo”.
Makanya fotonya jarang dilirik.
Perbedaan
zamanlah yang membuat foto-foto karya Cephas dan Mendur Bersaudara
saling bertolak belakang. Kalau foto karya Mendur Bersaudara
memperlihatkan sosok Bung Karno yang hangat, flamboyan, dan penuh
semangat kerakyatan, justru foto buatan Cephas menampilkan sosok raja
yang dingin, sombong, dan sangat feodal. Bila foto-foto para pejuang
wanita yang juga anggota palang merah di kancah pertempuran disuguhkan
Mendur Bersaudara, justru foto-foto gadis cantik, manja, dan ayulah yang
ditawarkan Cephas. Maka wajar bila foto-foto Mendur Bersaudara dicari
dan dilirik orang, sedangkan foto-foto Cephas tenggelam dalam pelukan
para kolektor.
Kini
Kassian Cephas hanya tinggal kenangan. Foto-foto tentang dirinya pun
tersembunyi entah di mana. Hanya ada satu buah foto yang menjadi bukti
bahwa ia pernah ada, yakni foto dirinya setelah menerima bintang jasa
“Orange-Nassau” dari Ratu Wilhelmina pada tahun 1901